Kegiatan Penataan KSPN Manado TA 2020-2021 telah mendekati penghujung tahun 2021. Untuk itu, Ditjen Cipta Karya bersama BPPW Provinsi Sulawesi Utara, Tim Manajemen Konstruksi, dann Tim Pelaksana merumuskan strategi dan langkah percepatan. Setelah sebelumnya, dilaksanakan monitoring lapangan melalui kunjungan Dirjen Cipta Karya ke lokasi kegiatan Penataan KSPN Manado, 1011 November 2021.

Kegiatan Penataan KSPN Manado TA 2020-2021 telah mendekati penghujung tahun 2021. Untuk itu, Ditjen Cipta Karya bersama BPPW Provinsi Sulawesi Utara, Tim Manajemen Konstruksi, dann Tim Pelaksana merumuskan strategi dan langkah percepatan. Setelah sebelumnya, dilaksanakan monitoring lapangan melalui kunjungan Dirjen Cipta Karya ke lokasi kegiatan Penataan KSPN Manado, 10—11 November 2021. 

Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Cipta Karya menyambangi sejumlah lokasi kegiatan penataan di Manado dan Pulau Bunaken. Di antaranya, Gedung Politeknik Negeri Manado, TPA Regional Mamitarang, IPAL Boulevard Manado, Sanitasi Ponpes Al Khairat, serta kawasan Pantai Malalayang di Manado.

Sedangkan, pada kunjungan ke Pulau Bunaken, Dirjen Cipta Karya berkesempatan meninjau lokasi penataan kawasan Bunaken, TPS3R, dan SWRO Bunaken. Pada kunjungan kerja, Dirjen Cipta Karya didampingi Wali Kota Manado; Direktur Kepatuhan Kepatuhan Intern; Direktur Prasarana Strategis; Kasubdit Rentek dari Dit. Prasarana Strategis, Dit. Sanitasi, dan Dit. PKP; serta Kepala BPPW Sulawesi Utara.

Percepatan

Kegiatan monitoring lapangan dilanjutkan dengan agenda pembahasan rencana tindak lanjut dan percepatan kegiatan. Dirjen Cipta Karya bersama Dirut PT Virama Karya selaku Tim Manajemen Konstruksi, General Manager PT Nindya Karya selaku Tim Pelaksana, dan Kepala BPPW Sulut telah menyepakati beberapa langkah tindak lanjut sebagai upaya percepatan kegiatan Penataan KSPN Manado.

Setiap pelaksana dan penanggung jawab kegiatan hendaknya dapat melaksanakann percepatan kegiatan sesuai langkah-langkah tindak lanjut yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kegiatan penataan KSPN Manado, khususnya kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken dapat selesai dengan tepat, baik dari aspek waktu, kualitas, maupun biaya. (pkp)