Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memberikan dukungan infrastruktur kepada seluruh wilayah di Indonesia, dalam hal ini Ditjen Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau yang dipimpin Kepala BPPW Riau Abdul Halil Kastella melakukan pendampingan Anggota Komisi V DPR RI di Kabupaten Rokan Hilir, Senin (1/8/2022).

 “ Ini merupakan salah satu dukungan yang diberikan untuk peningkatan infrastruktur di wilayah Kabupaten Rokan Hilir yang ada di Provinsi Riau," tutur Abdul. 

Pada kunjungan Reses Anggota Komisi V DPR RI tersebut dikepalai oleh Effendi Sianipar di Kabupaten Rokan Hilir. Kedatangan anggota Komisi V DPR RI Dapil II Riau tersebut turut juga didampingi lima Kepala Balai dari Kementerian PUPR wilayah Riau dan beberapa Kepala Balai perwakilan dari Kementerian PUPR yang disambut oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong di Gedung Serbaguna  H. Misran Rais. 

Dalam sambutannya, Afrizal mengucapkan terima kasih atas kehadiran anggota DPR RI dari Komisi V yang nantinya dapat menjadi mitra strategis dan bersinergi bagi Kabupaten Rokan Hilir dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Rokan Hilir. 

“Kabupaten Rokan Hilir masih membutuhkan banyak bantuan anggaran dari pusat maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk melaksanakan pembangunan daerah, seperti akses jalan pedesaan yang masih minim untuk mendukung kelancaran perekonomian masyarakat, keterbatasan fasilitas sanitasi, fasilitas air bersih dan penanganan kawasan permukiman kumuh serta bantuan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah di setiap desa/kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir,” tutur Afrizal. 

Permasalahan senada juga disampaikan oleh Effendi Sianipar yaitu dari kunjungannya di 8 desa di Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan permasalahan yang sangat mendasar  yang dibutuhkan oleh masyarakat di semua desa di Kabupaten Rokan Hilir. 

“Saya mengundang semua mitra kerja  Komisi V DPR RI untuk ikut andil dalam audiensi dan sosialisasi program kerja yang ada di Balai Kementerian PUPR untuk dapat melakukan proses pembangunan infrastruktur di Kabupaten Rokan Hilir melalui dana aspirasi anggota dewan,” kata Effendi. 

Menanggapi sambutan Bupati Rokan Hilir, Kepala BPPW Riau Abdul Halil Kastella menyampaikan, dalam bidang Keciptakaryaan ada banyak sektor terkait sarana dan prasarana yang bisa dikelola seperti Program Air Minum (SPAM, Optimalisasi SPAM dan kegiatan padat karya Pamsimas), Program Sanitasi (TPA, IPAL Pesantren, padat karya SPALD-T, SPALD-S), Program Prasarana Strategis seperti Rehabilitasi dan Renovasi Sekolah, Madrasah dan dari Sektor Pengembangan Kawasan Permukiman seperti program skala kawasan, padat karya PISEW dan KOTAKU serta program Tanggap Darurat Bencana BPPW Riau yang sudah siap dengan peralatan penunjangnya. 

Selanjutnya Abdul menyampaikan, untuk kegiatan tahun 2022 yang berjalan telah masuk beberapa program padat karya di Kabupaten Rokan Hilir dengan total Rp8,8 miliar yang semuanya adalah dari dana aspirasi anggota Dewan Komisi V DPR RI. 

Abdul berharap kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk dapat bersinergi dengan BPPW Riau terkait persiapan semua dokumen pendukung agar semua program yang berjalan tahun 2022 dan rencana program untuk tahun 2023 dapat berjalan sesuai dengan rencana. 

Acara ini dihadiri juga oleh Balai Desa Kementerian PPDT, Kepala Basarnas Riau, Kepala BMKG Riau, KSOP Syahbandar Kota Dumai, KSOP Syahbandar Rokan Hilir, seluruh Perangkat Dinas Kabupaten Rokan Hilir, Camat se-Kabupaten Rokan Hilir, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Rokan Hilir. (BPPW Riau/ari)