Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Gorontalo Nurdiana Habibie menghadiri Coaching Clinic II Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP) Implementasi SSK Kabupaten Bone Bolango, di Aula Tolopani Bappeda Litbang Kabupaten Bone Bolango Senin (01/08/2022).

Acara Coaching Clinic II dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, serta dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Pernyataan Komitmen Pembangunan Sanitasi untuk implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Bone Bolango tahun 2022 oleh Wakil Bupati Bone Bolango.

Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) melalui advokasi paket kebijakan sanitasi ke Kepala OPD, Sekda dan Kepala Daerah. Paket kebijakan ini akan diimplementasikan selama 5 (lima) tahun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango sehingga dapat mendorong Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mencapai Target Capaian Sanitasi dalam RPJMN Tahun 2020-2024 melalui program dan kegiatan sanitasi di Kabupaten Bone Bolango. Program PPSP difokuskan kepada implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK), dengan menentukan daerah skala layanan terbatas serta perluasan skala layanan pada tahun berikutnya. 

Nurdiana berharap kepada Pemerintah Daerah Bone Bolango agar mendukung sepenuhnya Paket Kebijakan Sanitasi sebagai komitmen pembangunan sanitasi untuk penuntasan akses sanitasi yang aman dan berkelanjutan sesuai target RPJMN 2020-2024.  “Begitupun halnya dengan implementasi program/kegiatan dan paket kebijakan sanitasi yang merupakan bagian dari Dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) secara efektif melalui proses perencanaan dan penganggaran di daerah,” tambah Nurdiana.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pembangunan Kabupaten Bone Bolango, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bone Bolango, Dinas Lingkungan Hidup Pertanahan dan Perhubungan Kabupaten Bone Bolango, Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dan Pokja PKP Kabupaten Bone Bolango. (BPPW Gorontalo/ari)