Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai direhabilitasi, Rabu (6/7/2022).

Pasar seluas 4.213 m2 direhabilitasi Kementerian PUPR sejak Oktober 2020 dan selesai 100% pada Juli 2021 hingga dapat menampung 441 pedangang.  

Pasar yang telah menerapkan konsep Green Bulding ini juga bersertifikat Building Information Modelling (BIM) ini meliputi pembangunan gedung 2 lantai yang terdiri dari 81 unit kios,  191 unit los, dan 10 lapak kuliner. Selain area jual beli, dibangun juga ruang kesehatan, ruang pengelola pasar, toilet dan mushola, rumah pompa, ramp disabilitas, parkir mobil, motor, dan sepeda, serta penataan lansekap (penataan pohon pulai, pohon tabebuya, pohon ketapang kencana, dan tanaman perdu). 

Turut hadir Bupati Banyumas Achmad Husein, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah, Kepala BPPW Jawa Tengah Cakra Nagara, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo.