Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan melaksanakan sosialisasi kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kantor BPPW Kalsel, Banjarbaru yang diikuti secara daring dan luring, Kamis (30/06/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Koordinator Provinsi, Koordinator Kota, Askot, Korkot dan Tim Fasilitator Kota/Kabupaten Kegiatan KOTAKU di Kalimantan Selatan. 

Kepala BPPW Kalsel Teuku Davis menjelaskan tahun 2022 merupakan tahun terakhir implementasi program NSUP-KOTAKU, kegiatan tahun 2022 dititikberatkan pada pendampingan skala kawasan di 32 kota, kegiatan infrastruktur livelihood berbasis kawasan (Pengelolaan TPS 3R dan Bank Sampah) di 37 kelurahan/desa dan penyiapan pengakhiran program (exit strategy) serta keberlanjutan program (program sustainability). 

“Implementasi program KOTAKU, praktis waktu yang tersisa kurang lebih 5-6 bulan, perlu upaya strategis agar pencapaian kegiatan bisa tertib waktu, tertib kuantitas, tertib kualitas dan tertib administrasi,” kata Davis. 

Davis mengingatkan fungsi Koordinator Provinsi sebagai koordinator penyelenggaraan dan pengendalian program NSUP KOTAKU di tingkat provinsi bersama-sama dengan TMC Regional, secara administratif bertanggung jawab kepada Balai Provinsi. “Perlu koordinasi dan konsultasi secara intensif baik secara administratif maupun secara teknis dengan tim BPPW Provinsi agar pelaksanaan program bisa efektif dan efisien,” sebut Davis. (HRD KALSEL/ari)