Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan mengadakan Bimbingan Teknis Tim Profesi Ahli (TPA), Tim Penilai Teknis (TPT), Penilik dan Sekretariat SIMBG Provinsi Kalimantan Selatan TA. 2022 di Banjarmasin, Kamis (30/06/2022).

Kepala BPPW Kalsel Teuku Davis mengatakan kegiatan yang dilaksanakannya ini merupakan bentuk pendampingan dari BPPW Kalsel kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam melaksanakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 16/2021. 

Davis menjelaskan Tim Profesi Ahli (TPA), Tim Penilai Teknis (TPT), dan Penilik Bangunan adalah pemangku kepentingan kunci dalam mewujudkan terpenuhinya standar teknis baik dari fase perencanaan, konstruksi, pemanfaatan, sampai dengan pembongkaran pelaksanaan penyelenggaraan bangunan gedung. 

“Masih terdapat Pemerintah Daerah yang belum memahami mekanisme pembentukan, penugasan, dan tata kelola. Oleh karena itu, penting untuk Pemerintah dapat meningkatkan kapasitas terkait hal tersebut,” ujar Davis. 

Asisten II Provinsi Kalsel Syaifullah Azhari yang datang mewakili Sekretaris Daerah berharapkan pemerintah kabupaten/kota selaku pelaksana di lapangan dapat mengimplementasikan semua aturan yang sudah dibuat seperti Perda Bangunan Gedung, Perda Retribusi PBG, dan Perbup/Perwal penyelenggaraan Bangunan Gedung (BG). “Tujuannya agar tercipta suatu kota yang aman, nyaman dan tertib bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Syaifullah. (HRD KALSEL/ari)