Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat menurunkan tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk membantu warga korban musibah kebakaran yang melalap mess karyawan perusahaan Sawitomas yang berada di Angkasa Mulyono Amban Manokwari, Kamis (16/6/2022) subuh.

Tim TAGANA ditempatkan di lokasi kebakaran mulai Kamis siang usai menerima permintaan bantuan dari BPBD Kabupaten Manokwari untuk membantu menyediakan sarana air bersih berupa tangki air untuk mencukupi kebutuhan air bersih korban kebakaran.

Kepala BPPW Papua Barat Marsudi melalui PPK Tanggap Darurat Oni Sarira mengatakan, tim TAGANA BPPW selalu siap siaga untuk membantu warga yang mengalami musibah maupun bencana.

“Kami selalu siap membantu dengan sarana yang kami miliki. Tentunya, melalui prosedur, sesuai permintaan daerah setempat,” ujar Oni.

Sebelumnya, siaga bencana juga dilakukan pada musibah kebakaran yang terjadi di Pasar Wosi, maupun di kompleks Borobudur dengan menempatkan sarana air bersih berupa tangki air di beberapa tempat pengungsian.

Kebakaran yang melanda mess karyawan perusahaan Sawitomas ini menelan satu korban meninggal dunia dan empat orang lainnya mengalami luka bakar.

Satu korban meninggal bernama Alimuddin telah diterbangkan ke kampung halamannya di Makassar Sulawesi Selatan, Sementara empat orang korban lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Akibat musibah tersebut, 25 KK kehilangan tempat tinggal dan 3 unit mobil, 3 unit sepeda motor, serta 1 unit tronton ikut terbakar. (Lis/bppw-pb/ari)