Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tenggara melakukan Koordinasi Perencanaan Penataan Kawasan di Kabupaten Muna beberapa waktu lalu. Peninjauan tersebut terkait pengecekan terhadap rencana kegiatan penataan kawasan kumuh yang ada di Kabupaten Muna, khususnya di dua kawasan yaitu Batalaiworu dan Lagasa.

Bupati Muna Rusman Emba menyampaikan kesiapan Pemerintah Daerah dalam menerima program ini sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang terus mendukung penuntasan kawasan kumuh yang sejalan pula dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Muna. 

"Terima kasih kepada Kementerian PUPR dalam hal ini diwakili oleh BPPW Sultra serta peran anggota DPR RI dalam mendukung penuntasan kawasan kumuh di Kabupaten Muna. Khususnya di kawasan Batalaiworu dan Lagasa memang ada beberapa spot di kawasan tersebut yang  sangat kumuh,” tutur Rusman. 

Rusman berharap, semoga dengan masuknya program KOTAKU ini dapat mengatasi beberapa persoalan terkait penataan kota, khususnya penataan kawasan kumuh. Saya berharap kawasan Batalaiworu dan Lagasa, setelah ditata akan  menjadi suatu spot baru yang bukan hanya cantik dan menarik tapi juga aspek fungsional tata ruangnya serta termanfaatkan dengan baik," harap Rusman. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPPW Sultra I Wayan Krisna menjelaskan, kunjungan ini terkait peninjauan langsung kawasan yang masuk dalam usulan perencanaan penataan kawasan kumuh di Kabupaten Muna. 

“Kami bersama tim turun langsung mengecek di kawasan tersebut, sehingga nantinya tidak ada hambatan dalam tahap pelaksanaan.  Disamping kunjungan lapangan, kami juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Muna terkait pemenuhan persyaratan dokumen yang diperlukan supaya proses percepatan lelang segera dapat dilaksanakan," harap Wayan. 

Sementara itu, Kasatker Pelaksanaan BPPW Sultra Heber menambahkan bahwa BPPW Sultra mendampingi Pemerintah Kabupaten Muna dalam melengkapi readiness criteria terutama dokumen lingkungan, dokumen sosial serta dokumen lainnya yang dibutuhkan agar kegiatan bisa segera berjalan. (BPPW Sultra/ari)