Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya terus berupaya mewujudkan lingkungan permukiman yang baik dan berkualitas. Salah satunya melalui program Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Skala Kawasan. Program strategis ini menyasar kawasan kumuh perkotaan salah satunya di Kelurahan Kampung Makassar Timur Kota Ternate yang bertujuan mendukung peningkatan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar kawasan sesuai amanat RPJMN 2020-2024.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Satker Pelaksanaan, Kepala Seksi Wilayah I dan PPK Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara didampingi Team Leader Konsultan Pelaksana melakukan peninjauan ke lokasi dalam rangka monitoring dan evaluasi pekerjaan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Makassar Timur Kota Ternate, Senin (9/05/2022).

Kepala BPPW Maluku Utara Firman Aksara  mengatakan, monitoring dan evaluasi pekerjaan dilakukan secara berkala guna memastikan ketepatan kualitas dan progres pekerjaannya sesuai dengan dokumen kontrak kerja.

Sementara itu, Team Leader Konsultan Pelaksana Rizal mengatakan, pekerjaan di sini ada 4 jenis diantaranya pekerjaan anjungan kuliner, pekerjaan titik kumpul, pekerjaan jalan dan perbaikan drainase. Hingga periode bulan Mei 2022, baru pekerjaan titik kumpul dan pekerjaan jalan yang berproses, sedangkan 2 pekerjaan yang lain masih dalam tahap mobilisasi material dan alat.

“Sebagian besar material dalam pekerjaan ini didatangkan dari luar Kota Ternate seperti tiang pancang misalnya untuk pekerjaan anjungan yang baru saja sampai di Ternate pada tanggal 6 Mei 2022 kemarin. Kami menargetkan progres pekerjaan hingga akhir bulan Mei 2022 ini bisa mencapai 20%, kami optimis karena dengan melihat kesiapan dari pihak pelaksana baik tenaga kerja, peralatan maupun material, progresnya bisa dicapai bulan ini,” tambah Rizal.

Pekerjaan ini dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT. Mandiri Karya Utama Rizky yang melibatkan pekerja masyarakat lokal dengan total harga kontrak atau nilai kontrak sebagaimana tercantum dalam daftar kuantitas dan harga adalah sebesar Rp19.461.057.000,00 dalam jangka waktu pelaksanaan 210 hari kalender. (Akbar/Maya/ BPPW Malut/ari)