Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti Kamis (13/1/2022), mendampingi Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka meninjau kesiapan infrastruktur di sepanjang koridor sebagai persiapan pada ajang pelaksanaan MotoGP bulan Maret nanti, Presiden Jokowi beserta rombongan menggunakan sepeda motor dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sirkuit Mandalika.

Infrastruktur Ditjen Cipta Karya yang dibangun diantaranya penataan koridor kawasan Segmen 1, 2 dan 3, landmark dan bundaran Tri Putri, bundaran BIL-Mandalika, bundaran Sunggung, gerbang penanda/sculpture, dan lanskap.

Presiden Jokowi ingin memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP mulai dari layanan kedatangan di BIL menuju Sirkuit Mandalika. Penataan difokuskan pada Bundaran BIL yang berada di titik nol (STA 0), ikon baru di jalur Mandalika Keruak (STA 11) yang biasa dimanfaatkan untuk berswafoto, Bundaran Sunggung (STA 17) hingga kawasan depan Sirkuit Mandalika.

"Kita harapkan kedatangan tamu dari bandara menuju Sirkuit Mandalika benar-benar diantar dengan keindahan, estetika dan lanscape yang baik. Oleh sebab, itu perlu disiapkan baik-baik dan saya minta pada akhir Februari 2022 sudah selesai," tegas Jokowi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri LHK Siti Nurbaya, Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto, Staf Ahli Menteri PUPR bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman  Ditjen Cipta Karya J. Wahyu K, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Sekda Provinsi NTB, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Kepala BPPW NTB Ika Sri Rejeki dan Kepala BPJN Provinsi NTB. (Humas/BPPWNTB/ari)