Venue Istora, hockey, sepatu roda, dayung dan aquatic siap digunakan untuk pagelaran olahraga terbesar di Indonesia seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti saat mendampingi Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian pada Jumat (10/9/2021) di Jayapura. "Kami berusaha agar venue bisa digunakan pada pagelaran akbar ini," tutur Diana.

Rombongan meninjau kesiapan pelaksanaan PON XX yang akan berlangsung di empat wilayah di Papua. Menkopolhukam dan Mendagri bersama rombongan setibanya di Bandara Sentani langsung menuju, Venue Istora, Stadion Lukas Enembe, dan Venue Aquatic yang berlokasi di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. 

Selama berada di komplek olahraga Kampung Harapan, Menkopolhukam bersama rombongan dijadwalkan melihat simulasi keluar masuk penonton serta penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

Mahfud mengapresiasi atas keberhasilan Kementerian PUPR menyelesaikan venue untuk PON Papua. "Terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara Pemerintah dengan masyarakat Papua yang akan menjadi salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI," tutur Mahfud. Acara tersebut akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang.

Kemudian keesokan harinya, rombongan berangkat ke Merauke untuk meninjau arena pertandingan yang ada di Kota Jayapura, di antaranya cabang olahraga layar, sepak bola dan GOR Cenderawasih serta wisma atlet yang berada di Rindam XVII Cenderawasih. (Willy-Papua/ari)