Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan kerjanya di Bandung, Selasa (7/9/2021).

Dalam kunker tersebut, Menko Luhut meninjau progres pelaksanaan program percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Secaba Rindam III Siliwangi, TPSA Cicabe, Jajaway Cidurian, dan Kantor Satuan Tugas (Satgas) Citarum.  

Dalam kesempatan itu, Kang Emil memaparkan kondisi terkini sungai terpanjang di wilayah Provinsi Jabar itu. Menurutnya, berkat kerja sama semua pihak, sungai yang sempat mendapat julukan sungai terkotor di dunia itu kini memiliki wajah baru. 

Kang Emil mengatakan, wajah baru Citarum yang jauh lebih baik saat ini tak lepas dari hadirnya Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum yang dikemas melalui program Citarum Harum.

Sementara itu,  Diana menjelaskan bahwa Kementarian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya siap mendukung percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum yang dikemas melalui pemutahiran Eks-TPA Cicabe .

"Hal itu dilakukan agar sampah di sekitar sungai Citarum dapat diolah menjadi hal yang lebih bermanfaat," tutur Diana. 

Selanjutnya, Dirjen Cipta Karya beserta Direktur Sanitasi dan BPPW Jawa Barat melakukan tinjauan ke PT. Pindad terkait alat incinerator ntuk TPST RDF dan ke lokasi konstruksi TPST Konvensional Nagrak di Kabupaten Purwakarta. (ari)