Bupati Fakfak Untung Tamsil bersama Wakil Bupati FakfakYohana Hindom dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat Marsudi melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) kegiatan optimalisasi SPAM IKK Kabupaten Fakfak TA 2021 di Kampung Bumi Muroh Indah (SP6) Distrik Bomberay Fakfak, Rabu (23/06/2021). Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten Fakfak dalam mencukupi penyediaan air bersih dan air minum bagi masyarakat Fakfak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui BPPW Papua Barat melaksanakan optimalisasi SPAM IKK Kabupaten Fakfak tahun 2021. 

Kegiatan ini siap dimulai guna mendukung percepatan pelayanan publik di sektor air minum melalui penyediaan sarana dan prasarana air minum. Diharapkan dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga. 

Kepala BPPW Papua Barat Marsudi menyampaikan, pembangunan sistem penyediaan air minum ini bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan air minum bagi masyarakat yang ada di daerah yang merupakan daerah rawan air. Disamping itu akan memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat dan menghemat waktu dari upaya untuk mendapatkan air minum yang baik, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak lanjutan berupa peningkatan produktivitas bagi masyarakat.

Optimalisasi SPAM IKK Kabupaten Fakfak Papua Barat tahun ini berlokasi di 3 tempat dengan sumber dana dari APBN Kementerian PUPR. Diantaranya optimalisasi SPAM IKK Bomberay, dengan jenis pekerjaan pengadaan dan pemasangan jaringan perpipaan, pekerjaan IPA dan bangunan pendukung, pembangunan reservoir 100 m3, serta pembuatan sambungan rumah.

Optimalisasi SPAM IKK Karas dengan kegiatan pembangunan intake, pengadaan dan pemasangan jaringan perpipaan, pekerjaan IPA, pembuatan sambungan rumah, dan optimalisasi SPAM IKK Distrik Weri, dengan jenis kegiatannya adalah pembangunan intake, pengadaan dan pemasangan pipa, pekerjaan IPA, pembangunan menara air dan pembangunan sambungan rumah. 

Marsudi berharap, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Fakfak sehingga pembangunan sarana prasarana penyediaan air minum dapat tercapai sesuai dengan target universal.

Bupati Fakfak Untung Tamsil menyambut baik perhatian Kementerian PUPR karena menandai Fakfak selangkah lebih maju dalam pembangunan infrastruktur di bidang air bersih. “Ini sangat baik untuk PDAM agar dapat meningkatkan pelayanan terhadap pendistribusian air bersih ke masyarakat, sehingga kebutuhan air bersih di Kabupaten Fakfak dapat dinikmati secara merata oleh semua masyarakat,” kata Tamsil.

Untung berharap, kegiatan optimalisasi SPAM IKK Kabupaten Fakfak TA 2021 di lokasi IKK Bomberay, Karas dan Weri mendapat dukungan semua lapisan masyarakat dalam proses pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan.

“Air merupakan sumber kehidupan dan perlu ditangani secara baik dan sehat, sehingga saat dikonsumsi masyarakat air tersebut benar-benar terjamin kebersihannya dan bisa memberikan efek positif terhadap ekonomi masyarakat,” ujar Tamsil.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan SK Bupati Fakfak kepada Pengelola (KP SPAM) UPTD yang akan bertugas dan bertanggungjawab dalam mengelola sarana yang telah dibangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Fakfak, OPD dan instansi terkait, diantaranya Dinas PUPR, Bappeda, Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Kepala Distrik Fakfak Timur,Karas dan Bomberay serta kepala Kampung Bumi Muroh Indah.(bppw-pb/ari)