Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat (BPPW NTB) melalui PPK Air Minum BPPW NTB Indah Eka Febriany melakukan serah terima Kegiatan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III di Dusun Saba Lendang Desa Keru Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Rabu (18/11/2020).

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Camat Narmada, Tim ROMS-10 Provinsi NTB, DC-Co DC, Kepala Desa, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) serta Satlak Pamsimas.

Kepala Desa Keru Arifin mengatakan kehadiran Pamsimas bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat akan air bersih. Diharapkan kedepannya kegiatan Pamsimas ini masih bisa berlanjut lagi di Kabupaten Lombok Barat ini dengan desa yang berbeda dan masyarakat bisa mengelola dengan baik hasil infrastruktur dari Pamsimas ini.

Senada dengan hal tersebut, Kepala BPPW NTB Ika Sri Rejeki sebelumnya menyampaikan apresiasinya kepada KKM dan masyarakat Dusun Saba yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan Kegiatan Pamsimas ini. Sasaran program Pamsimas adalah kabupaten yang memiliki cakupan pelayanan air minum aman perdesaan yang belum mencapai 100%. “Program Pamsimas mempunyai tujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan,” tutup Ika.

Untuk diketahui, Pamsimas merupakan program pinjaman Pemerintah Pusat yang dihibahkan langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam implementasinya harus senantiasa melibatkan masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengoperasian serta pemeliharaannya. Hal ini agar masyarakat ikut berpartisipasi dan merasakan apa yang sudah dibangun oleh masyarakat itu sendiri.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya memiliki target cakupan 100% akses aman air minum dan 100% sanitasi layak di perdesaan. Kehadiran Pamsimas ditengah-tengah masyarakat akan dapat memberi manfaat yang besar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terlebih di masa Pandemi COVID-19 ini. (ang-rhm/BPPWNTB/ari)