Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam. Kejadian tahun 2018 silam, membuktikan bahwa bencana alam dapat menimpa wilayah di Provinsi Sulteng sewaktu-waktu.

Mengantisipasi hal tersebut, PPK Tanggap Darurat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah (BPPW Sulteng) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Guna Mempersiapkan Personil Dan Peralatan Tanggap Darurat, Jumat (20/11/2020) bertempat di halaman kantor BPPW Sulteng. 

Bertindak sebagai inspektur apel Kepala BPPW Sulteng Ferdinand Kana Lo dan pemimpin apel PPK Tanggap Darurat Masudin. 

Dalam amanatnya, Ferdinand mengatakan bahwa bencana akan selalu datang tanpa diminta. “Kita harus selalu siap dan siaga untuk menghadapinya. “Kita harus selalu siap dan siaga untuk menghadapi bencana. Memang namanya bencana itu takdir Tuhan, tapi kita sebagai manusia yang diberi akal budi juga harus tetap berusaha untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut,”  jelas Ferdinand. 

Selanjutnya, Ferdinand juga meminta semua anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPPW Sulteng untuk selalu siap siaga, baik siap siaga personil maupun peralatan. “Tolong teman-teman, PPK juga siap siaga harus dimulai dari sekarang. Siap siaga personilnya maupun peralatan. Jangan sampai begitu bencana datang, malah panik. Mobil MTA, atau mobile toilet tidak bisa nyala karena akinya drop, ban kempes, BBM kosong dan hal lainnya,” pinta Ferdinand. 

Setelah apel, tim langsung melaksanakan cek personil dan perlengkapan serta simulasi persiapan tanggap darurat. Saat ini BPPW Sulteng memiliki armada Mobil Tangki Air sebanyak 6 unit, Dump Truck 2 unit, Mobile Toilet 1 unit dan Tangki Sedot Tinja 1 unit, serta beberapa item peralatan pendukung lainnya. (Rian- BPPW Sulteng/ari)