Pemindahtanganan aset rehabilitasi dan renovasi sekolah yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang bertempat di gedung Badan Pendapatan dan Keuangan Daerah (BPKD) pada Rabu (21/10/2020), dengan total nilai aset yang dihibahkan sebesar Rp42.936.086.926.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui (BPPW) Banten selaku stakeholder pembangunan infrastruktur di Provinsi Banten telah merenovasi dan merehabilitasi sekolah di Provinsi Banten. Kerja nyata ini merupakan suatu implementasi guna mewujudkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pendidikan di Provinsi Banten. BPPW Banten sendiri pada Tahun Anggaran 2019 telah merehabilitasi dan merenovasi sebanyak 52 sekolah di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Pandeglang. 

Kini pembangunan tersebut telah rampung dengan baik, dan aset yang semula aset daerah menjadi aset Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui BPPW Banten. Namun, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah sekolah yang telah dibangun oleh BPPW Banten akan dihibahkan kembali kepada Pemerintah Daerah guna dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik dan berkelanjutan. 

Di tempat yang berbeda, Kepala BPPW Banten Rozali Indra Saputra mengatakan, dalam pelimpahan aset milik negara selalu mengikuti aturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2020, dan memiliki turunan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemindahtanganan Barang Milik Negara. Dengan mengikuti aturan yang telah dibuat Pemerintah, maka pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. 

Kepala Badan Pendapatan Keuangan Daerah (BPKD) Iskandar yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kinerja BPPW Banten dalam mendukung fasilitas sarana dan prasarana sekolah di Kabupaten Pandeglang. 

Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui BPPW Banten yang telah membangun fasilitas sekolah, dan dalam hal ini secara kuantitas dan kualitas sarana sekolah sangat baik. (AFQ/ARI/BPPWBANTEN/ari)