10

SEP 2019

Sosialisasi Kebijakan Dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Serah Terima BMN Dan Pemanfaatan BMN Pada PPSPPOP Wilayah Timur

Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan Olahraga dan Pasar melaksanakan Sosialisasi Kebijakan Dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Serah Terima BMN Dan Pemanfaatan BMN Pada PPSPPOP Tahap ke-2 yaitu untuk Wilayah Timur Mulai Tanggal 10-12 September 2019 yang bertempat di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Wilayah Timur PPSPPOP Bapak Usman Hermanto, ST., MT. Sebelumnya pada tanggal 3-5 September Telah dilaksanakan juga kegiatan tahap pertama untuk wilayah tengah, bertempat di Kota Balikpapan yang dibuka langsung oleh Kepala Pusat PSPPOP dan juga di hadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur.

Dalam Pembukaannya beliau menyampaikan “Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun 2019 telah mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 7,562 T dengan rincian sebagai berikut Sekolah sebesar Rp 3,794 T, Madrasah sebesar Rp 766 M, PTN sebesar Rp 1,609 T, PTKIN sebesar Rp 670 M. Pada Tahun Anggaran 2019, terdapat 598 sekolah dalam 57 paket (SYC dan MYC), 22 madrasah dalam 4 paket (SYC), 12 PTN dalam  3 paket SYC dan 9 paket MYC, 2 PTKIN dalam 2 paket MYC di Wilayah Timur. Seluruh paket pekerjaan tersebut yang menggunakan barang hasil perolehan atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui DIPA akan menjadi Barang Milik Negara (BMN). melalui acara Sosialisasi Kebijakan Dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Serah Terima BMN Dan Pemanfaatan BMN kita bersama-sama hadir di sini untuk memberikan pembekalan pemahaman mengenai tata cara, prosedur, mekanisme proses Hibah/Alih Status maka diperlukan untuk percepatan pelaksanaan serah terima aset kegiatan PSPPOP TA 2019, khususnya yang berada di Wilayah Timur.”

Pada kesempatan yang sama kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Kendari Bapak Sulkarnain Kadir. Kedatangan beliau selain untuk memberikan sambutan juga melaksanakan serah terima asset kegiatan Kebun Raya Kendari Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Kebun Raya Kendari saat ini merupakan objek pengembangan ilmu pengetahuan dan  destinasi wisata di kota Kendari. Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah melakukan pembangunan Kebun Raya ini. Lokasi ini merupakan percontohan yang baik, bahwa serah terima BMN tidak dilakukan secara rumit, jika masing-masing pihak sudah memenuhi administrasi sehingga nantinya proses pemeliharaan dan pengelolaan lebih maksimal. Untuk ke depannya, kami dari Pemerintah Kota Kendari terbuka terhadap segala kemungkinan dan keberlanjutan hubungan yang baik disertai dengan semangat sinergitas dan support dari Pemerintah Pusat. (MFA)