31

JAN 2020

PUPR “SMPN 01 MUARA GEMBONG SIAP UNTUK PROSES BELAJAR MENGAJAR”

Jakarta, 31 Januari 2020, Lebih kurang setahun yang lalu, saat kunjungan dadakan presiden republik Indonesia ke Lokasi SMPN 01 Muara Gembong ini beliau melihat secara langsung kondisi sekolah yang mengenaskan. Kunjungan RI 1 pada kesempatan itu didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pada saat kunjungan, beliau mendapati secara langsung ruang kelas yang kosong, sederetan tumpukan bangku kelas yang kumuh dan karatan. Setelah melihat langsung kondisinya presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk langsung melakukan perbaikan.

SMPN 01 Muara Gembong Kabupaten Bekasi sebagai salah satu objek prasarana Pendidikan yang ditangani rehabilitasinya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Sekolah ini di rehabilitasi dalam kurun waktu 120 hari kalender yaitu 02 September – 30 Desember 2019 bersamaan dengan beberapa sekolah lainnya yang berada di wilayah kabupaten Bekasi dan kabupaten Karawang yang tergabung kedalam satu paket pekerjaan rehabilitasi. Adapun rehabilitasi yang dilakukan pada sekolah tersebut meliputi Pekerjaan Ruang Sekolah, Pekerjaan Sarana dan Prasarana Sekolah dan Pekerjaan Lansekap.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Olahraga dan Pasar, (PPSPPOP) bapak Iwan Suprijanto, Rehabilitasi yang lakukan terhadap bangunan SMPN 01 Muara Gembong Meliputi Finishing dinding, plafound, lisplank dan pengecatan belakang gedung, Pasang keramik lantai, keramik kamar mandi dan aksesoris toilet gedung, Pasang daun jendela, pintu, Pekerjaan Mekanikal elektrikal dan Biofilter gedung, rangka atap dan atap tangga beton, Pekerjaan pemasangan U-ditch, Pekerjaan Pengecoran lapangan olah raga dan area parkiran guru dan siswa, Pekerjaan paving blok dan cansteen, Pekerjaan plafound, pengecatan, mekanikal elektrikal dan jendela pos jaga, Pekerjaan pengecatan pagar panel precast, Pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing graund water tank.

30 desember 2019 adalah batas akhir dari proses pekerjaan renovasi terhadap SMP N 01 Muara Gembong, diharapkan kedepannya pasca rehabilitasi untuk dapat segera diserahterimakan kepada pemilik asset sehingga dapat segera digunakan kembali diawal tahun 2020 ini untuk kegiatan proses belajar mengajar. Rehabilitasi ini sesuai arahan kepala pusat PSPPOP menerapkan prinsip 5T yaitu Tepat Mutu, Tepat waktu, Tepat Manfaat, Tepat Administrasi dan Tepat Biaya sehingga bangunan yang telah direhabilitasi dapat berfungsi sebagaimana mestinya, diharapkan juga rehabilitasi ini dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam menuntut ilmu dan juga menyumbangkan peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia kearah yang lebih baik. (PPSPPOP)