PechaKucha Cipta Karya #5

Tema  Innovative Program

Subtema  Toward Green Cities

Tanggal  27 September 2013

Pechakucha Ciptakarya ke-5 mengusung tema Innovations Toward Green Cities yang diselenggarakan oleh Direktorat PPLP. Bertempat di Ruang Sapta Taruna pada hari Jum’at tanggal 27 September 2013 pukul 08.00 dan dimeriahkan oleh 9 presenter dari masing-masing Direktorat.

maylenda
PenyajiNurhayati Junaedi
JudulEco Toilet
Sinopsis Latar belakang krisis air dan dampaknya jika tidak diatasi sedini mungkin. Permasalahan toilet yang ada saat ini dari berbagai segi. Eco Toilet adalah toilet yang bersih, tidak mencemari dan hemat. Prediksi perhitungan penghematan jika Eco Toilet diterapkan. Memulai dari hal yang sederhana untuk keberlanjutan bumi.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiMiradian Isyana Wistyani
JudulTake Your “Green Pic”
Sinopsis Menurunya daya dukung lingkungan dan munculnya konsep go green. Take Your “Green Pic” dengan melakukan hal kecil yang memiliki dampak besar yaitu biopori, daur ulang air, daur ulang sampah, penghijauan dan vertical garden, perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat agar dampaknya terasa bagi lingkungan. Program nyata penerapan go green di lingkungan DJCK.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiRatih Fitriani
JudulGreen Laboratorium
Sinopsis Green Laboratorium adalah konsep pengelolaan 3R yang berfokus pada keseuaian, keberfungsian, keberlanjutan dan kelangsungan program. Tantangan penerapannya: sosialisasi dan training, dimana akan dilaksanakan, inisiator, keberlanjutan pelaksanaannya. Melihat manfaat yang didapatkan jika Green Laboratorium diterapkan.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiDwi Kuryanto
JudulKantor Hijau Balai TAMS I Berwawasan Lingkungan
Sinopsis Isu Go Green: penyelamatan bumi dengan kesadaran untuk hidup dan membangun dengan memperhatikan lingkungan hidup. Implementasi Balai Sebagai Green Office melalui: Eco Building, Eco Toilet, Eco Waste, Eco Drainage. Penerapan kriteria, program dan kegiatan Balai Hijau. Disamping itu, juga mendesign pola vegetasi dan landscape untuk menerapkan konsep Balai Green.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiAnggoro
JudulBicycle Park (Taman Sepeda) as Your Urban Lifestyle
Sinopsis Sepeda dirasa merupakan alat transportasi yang ideal sebagai moda transportasi kota. Bicycle Park merupakan sarana pendukung bagi kegiatan live style bersepeda yang marak akhir-akhir ini. Melihat contoh design Bicycle Park di berbagai negara di dunia. Jalur sepeda dan tempat parkir sepeda merupakan sarana pendukung bike park.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiYustika Aristya W
JudulECOSOC
Sinopsis Semakin luasnya internet membuat semua orang memiliki social media.ECOSOC merupakan ide penyelamatan lingkungan dengan website yang terhubung dengan jejaring sosial, sehingga memicu masyarakat yang memiliki jejaring sosial untuk ikut berkontribusi. Masing-masing direktorat di Cipta Karya mampu melaksanakan hal tersebut dengan konsep kampanye yang kreatif.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiArdian Daniswara
JudulPeningkatan Kesadaran dan Pemahaman Menuju Keterpaduan Bidang Cipta Karya
Sinopsis Tantangan pembangunan perkotaan bagi DJCK memerlukanwadah diskusi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman teknis akan masing-masing sektor agar tercapai keterpaduan, dengan: Pertukaran pemahaman teknis antar masing-masing sektor, penajaman kembali kebutuhan penanganan pembangunan dan memastikan komitmen tiap steakholders
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiNaomi Adhi
JudulPeran Rusunawa dalam Mengurangi Jejak Karbon
Sinopsis Jarak yang jauh dari permukiman menuju kantor merupakan salah satu penyumbang karbon. Rusunawa yang ada saat ini telah memberikan dampak pengurangan karbon, namun belum signifikan. Rusun seharusnya dibangun dengan kriteria: Rusunawa sedekat mungkin dengan kantor, desain non-standar, teknologi yang mendukung peningkatan kualitas lingkungan.
Lihat Presentasi
maylenda
PenyajiMince Halima
JudulAir Peduli Sekarang atau Merugi Nanti
Sinopsis Konsep Green City salah satunya didukung oleh adanya air minum. Semakin berkurangnya air karena sumber air yang tercemar perlu menjadi perhatian khusus bagi kita semua. Perlu perubahan perilaku bagi hemat air dengan melakukan efisiensi penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan cara: 10 tips menghemat air yang telah disosialisasikan oleh Dit PAM.
Lihat Presentasi