Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan melaksanakan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) yang diikuti 13 SKPD terkait dari kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan secara daring, Senin (26/04/2021).


Kepala BPPW Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso menjelaskan, sosialisasi tujuan kegiatan ini agar pembinaan dan pengawasan bidang PKP, baik di tingkat daerah sesuai dengan proses dan amanat yang diatur dalam peraturan terkait untuk mendukung terselenggaranya pengembangan kawasan permukiman yang layak huni. 

Dardjat mengharapkan dari kegiatan ini dapat terselenggara pembinaan dan pengawasan bidang PKP di kabupaten/kota. Dalam lingkup, aspek pengelolaan data dan informasi kita bisa menyusun baseline kumuh dan capaian penanganan kumuh TA 2021. 

“Selain itu kita juga berharap dapat menyusun Rencana Kawasan Permukiman (RKP) dan penyempurnaan Strategi Penyelenggaraan Kawasan Permukiman (SPKP) dan menyosialisasikan dan pendampingan penyusunan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (P2KPKPK),” jelas Dardjat. (HRD KALSEL/ari)