Ditjen Cipta Karya melaksanakan Lokalatih Fasilitator Untuk Keberlanjutan Program Pamsimas TA 2021 Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin yang diikuti 182 fasilitator, Senin, (19/04/2021). Kegiatan dibuka oleh Kasubag TU Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Gina Leonita. Gina mengharapkan pasca kegiatan ini Fasilitator Masyarakat menindaklanjuti dan menerapkan ilmu yang didapat dan berkomitmen dalam melaksanakan tugas pendampingan untuk menunjang keberlanjutan program dan tercapainya target KPI.


Sebelum kegiatan dimulai peserta melakukan Rapid Antigen yang disediakan oleh panitia untuk menghindari penyebaran COVID-19 dan selama kegiatan diharapkan mematuhi protokol kesehatan. Kepala BPPW Kalsel Dardjat Widjunarso mengatakan berdasarkan data SIM Pamsimas akhir tahun 2020 menunjukkan target KPI sebanyak 13 KPI sudah tercapai, kinerja keberlanjutan untuk desa-desa lama yang berjumlah 1.292 desa masih terdapat 137 desa tidak berfungsi, 180 desa berfungsi sebagian dan 975 desa berfungsi baik. 

“Kita hanya punya waktu 7 bulan untuk pelaksanaan Pamsimas TA 2021 semuanya harus dilakukan dengan proses yang benar sesuai pedoman umum, petunjuk teknis dan mendapatkan hasil sesuai standar teknis yang ditentukan. “Kita sudah melaksanakan pencairan tahap 1 dimohon agar segera ditindaklanjuti, seharusnya proses pengadaan barang dan jasa sudah jauh hari dilakukan sehingga ketika dana BLM cair dapat langsung dibelanjakan, namun jika proses tersebut belum dilaksanakan saya minta agar kegiatan non konstruksi seperti pelatihan dan promosi kesehatan segera dilaksanakan,” pungkas Dardjat. (HRD KALSEL/ari)