Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Barat meresmikan sekaligus melakukan serah terima pengelolaan sementara Teras Parit Nanas kepada Pemerintah Kota Pontianak. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian dan pemotongan pita oleh Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, didampingi oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat, Deva Kurniawan Rahmadi. Acara diselenggarakan di lokasi Teras Parit Nanas, Kecamatan Siantan Hulu, Kota Pontianak, Rabu (15/09).

Peningkatan kualitas permukiman kumuh Kota Pontianak Kawasan Teras Parit Nanas seluas 18,93 Ha ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan target SDGs. Pembangunan Kawasan Teras Parit Nanas yang dilakukan oleh BPPW Kalimantan Barat meliputi pembangunan area plaza, promenade, jembatan, area parkir, dan beautifikasi. Dengan selesai dibangunnya kawasan ini, pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Kota Pontianak.

Walikota Pontianak menyampaikan, dengan diserahterimakannya Kawasan Teras Parit Nanas ke Pemerintah Kota Pontianak diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. “Kita akan melanjutkan penataan ini dengan spot kuliner, ruang terbuka hijau, ruang bermain. Terutama nilai tanah akan meningkat, nilai aset akan meningkat, kualitas akan meningkat, dan jumlah orang yang akan berkunjung juga akan meningkat” ujarnya.

“Diharapkan juga masyarakat pengguna dapat ikut memelihara yang sudah kita bangun bersama-sama, supaya infrastruktur ini dapat menjadi ikon Kota Pontianak” tambah Kepala BPPW Kalimantan Barat.