Sehubungan dengan selesainya Program Pembangunan TPS3R dan SANIMAS di Kabupaten Banyuwangi, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II (Satker PPPW II) Jawa Timur melaksanakan kegiatan Workshop IBM Sanitasi Program pembangunan TPS3R dan SANITASI (29/09/2021) secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Satker PPPW 2, Farid Dibyo Mayangkoro menjelaskan program ini memberikan dampak terhadap pengelolaan sampah dan meningkatkan kualitas sanitasi di Kabupaten Banyuwangi. Serah terima pekerjaan untuk Program SANIMAS Kabupaten Banyuwangi dilakukan oleh KSM Gopass yang berlokasi di Desa Kedungrejo, Kec. Muncar. Jumlah penerima manfaat 45 KK atau 163 jiwa. Serah terima pekerjaan untuk program TPS3R adalah KSM Dewitari yang berlokasi di Dusun Ampelgading RT.02/RW.03, Desa Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi dengan penerima manfaat 400 KK atau 738 jiwa.

Farid berharap pembangunan TPS 3R dapat berperan dalam meminimalisir kebutuhan lahan yang semakin kritis untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan. Selain itu, terselesainya program diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas akses sanitasi dan persampahan yang layak di Kab. Banyuwangi. “Kami berharap kerjasama dari masyarakat untuk dapat memanfaatkan dan merawat IPAL dan TPS3R yang sudah dibangun agar manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar” tutur Farid.Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Desa Tamansari, KPP, KSM, TFL, dan Fasprov TPS3R dan SANIMAS Kab. Banyuwangi.