Guna lebih meningkatkan pemahaman petugas tentang Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG), maka Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis SIMBG di Kota Batu secara Hybrid (online dan tatap muka) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat setiap peserta dan panitia sebelum memasuki ruang rapat telah melakukan tes swab antigen dan hasilnya negatif, menggunakan masker, tetap menjaga jarak dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Rabu-Kamis (30/09-01/10/2021).

Dalam arahan pembukaannya, Kepala BPPW Jawa Timur, M. Reva Sastrodiningrat menjelaskan Sesuai dengan amanat PP Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Bangunan Gedung, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota diharuskan menggunakan dan mengoperasikan SIMBG dalam penyelenggaraan Bangunan Gedung. “SIMBG adalah sistem elektronik berbasis web yang digunakan untuk melaksanakan penyelenggaraan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG), Rencana Teknis Pembongkaran (RTB) dan Pendataan Bangunan Gedung. Pemanfaatan SIMBG diharapkan dapat mendukung upaya kemudahan, transparansi dan peningkatan layanan publik menjadi lebih baik.” ungkap Reva.

Lebih lanjut Reva menegaskan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Pusat (Direktorat Bina Penataan Bangunan DJCK) melalui BPPW Jatim “Bimbingan Teknis SIMBG ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan bekal informasi yang cukup dan up to date terkait SIMBG serta memberikan panduan mengenai tata cara pelaksanaan dan implementasi SIMBG kepada personil dari DPMPTSP dan seluruh Dinas Teknis terkait sehingga mampu meningkatkan pelayanan penyelenggaraan bangunan gedung di daerah” tutur Reva.

Reva berharap dengan terselenggaranya bimbingan teknis ini dapat  terjalin sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten/Kota yang turut terlibat dan mendukung dalam percepatan implementasi PP Nomor 16 Tahun 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Narasumber dari Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya, Kasi Pelaksana Wilayah I, Kasi Pelaksana Wilayah II, PPK Perencanaan, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, serta perwakilan OPD yang membidangi SIMBG di Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (bap_bppwjtm).