Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Percepatan Penerbitan Peraturan Kepala Daerah terkait Bangunan Gedung, Direktorat Bina Penataan Bangunan (BPB) melalui Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Provinsi Bengkulu melaksanakan Pembahasan Penyusunan Peraturan Kepala Daerah tentang Implementasi Perda Bangunan Gedung, Rabu (11/10/2017) di Bengkulu.

Kepala Satuan Kerja PBL Provinsi Bengkulu, Melky Rusera mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membantu Pemda Kabupaten dalam menyiapkan Perda Bangunan Gedung agar Perda yang diterbitkan memperhatikan pelayanan khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

“Dengan adanya pertemuan ini, Satker PBL Bengkulu berharap dapat disusun draft Peraturan Bupati yang sesuai, dan kendala dalam penyusunan Peraturan Bupati tersebut dapat disampaikan pada pertemuan saat ini sehingga tidak ada lagi kendala dalam proses penerbitan Perda Bangunan Gedung dari masing-masing kabupaten,” ungkap Melky. 

Sementara, Kasi Kelembagaan Direktorat Bina Penataan Bangunan (BPB) Kementerian PUPR, Rogydesa mengharapkan, Perda Bangunan Gedung yang dihasilkan dapat berpihak kepada MBR, sehingga dapat menaikkan indeks percepatan pembangunan di daerah. 

“Salah satu manfaat dari adanya Perda Bangunan Gedung ini yaitu, adanya Desain Prototype di dalamnya, sehingga MBR tidak perlu lagi membuat gambar dalam memperoleh perizinan bangunan gedung,” harap Rogydesa. (Memo/Indah/RDLbkl/bns)