Randal PIP Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan melaksanakan kegiatan Workshop Konsolidasi Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya TA 2017, Rabu (06/09/2017) di Mataram.

Kegiatan workshop tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTB, Ahmad Mahul. Menurut Mahul, kebijakan satu data adalah suatu sistem, suatu wadah yang diharapkan bisa menjadi satu sumber data di mana data-data tersebut dapat digunakan dalam perencanaan kegiatan Keciptakaryaan. Randal PIP bertugas sebagai fasilitator dalam pengendalian dan penyediaan data-data yang lengkap, sistematis dan valid terkait kegiatan kesektoran tersebut, maka perlu dilaksanakannya kegiatan pengumpulan dan identifikasi data infrastruktur permukiman. Melalui kegiatan ini, data yang sudah dikosolidasikan di tingkat pusat, provinsi, atau pun di kabupaten/kotamaka direkap dan dijadikan satu.

“Keberhasilan suatu kegiatan dapat dilakukan oleh perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik, dapat dilaksanakan jika data-datanya baik. Oleh karena itu, perlu diadakannya kegiatan pengumpulan data yang valid, lengkap dan akurat ,” kata Mahul.

Mahul berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan dapat terciptanya suatu aplikasi yang dapat mengolah data-data tersebut. “Data yang baik, tergantung dari siapa yang mengolahnya. Oleh karena itu, mari kita mengolah data-data bidang Cipta Karya bersama-sama antara semua Satker sektor agar terciptanya data yang baik dan benar," tutup Mahul.(Randal NTB/ari)