Dalam rangka sosialisasi dan pembinaan pembangunan database Bidang Cipta Karya yang mengacu kepada kebijakan menuju satu data untuk mendukung e-Government, Randal Bengkulu mengadakan Workshop Konsolidasi dan Kebijakan Satu Data Bidang Cipta Karya TA. 2017 Provinsi Bengkulu, Rabu (13/09/2017)di Bengkulu.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu, Amran Rahman mengungkapkan bahwa workshop bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi. Data tersebut diharapkan akan dapat diakses oleh pengguna data, sebagai dasar perencanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan melalui perbaikan tata kelola data pemerintah. 

“Implementasi kebijakan satu data yang akan kita laksanakan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi, memberikan panduan dan kemudahan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pengelolaan data dan sistem informasi. Adapun data-data yang telah terverifikasi keakuratan dan dapat dipercaya akan dituangkan dalam Data Ware House yakni SIM Ditjen Cipta Karya, ” terang Amran. 

Sementara PPK Randal Provinsi Bengkulu, Yennie Lidiawati berharap kegiatan konsolidasi ini dapat menjadi satu titik yaitu adanya pedoman perolehan data di setiap daerah. “Dengan adanya kegiatan ini saya berharap adanya kesepakatan dari setiap instansi dalam menentukan basis data yang diperlukan sehingga tidak ada lagi multi data dari tiap tiap instansi,” harap Yennie.

Adanya penyediaan basis data yang dikonsolidasikan secara sistematis mulai dari tingkat kabupaten/ kota, tingkat provinsi, hingga tingkat pusat dengan akurasi dan validitas yang tinggi diharapkan dapat memudahkan untuk pengambilan sebuah keputusan. Workshop dihadiri oleh perwakilan unsur BPS Provinsi, instansi Bapelitbang Kabupaten/Kota, Dinas PUPR Kabupaten/Kota, PDAM Kabupaten/Kota, serta Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.  (Memo/Indah/Rdlbkl/ari)