Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) melalui Subdit Pemantauan dan Evaluasi melakukan uji coba pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Evaluasi Kinerja (SIMEKA) dalam rangka pemantauan dan evaluasi kinerja unit organisasi Ditjen Cipta Karya, di Palembang, Selasa (12/09/2017).

Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Joerni Makmoerniati mengatakan, setiap entitas akuntabilitas kinerja wajib menyelenggarakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara berjenjang, dengan tingkatan entitas akuntabilitas kinerja Satuan Kerja, unit organisasi dan Kementerian/Lembaga.

“SIMEKA Ditjen Cipta Karya dibuat sebagai alat untuk mengukur dan mengevaluasi penyelenggaraan SAKIP unit organisasi Ditjen Cipta Karya. Aplikasi yang yang telah dibangun sejak tahun 2016 ini juga memiliki berbagai fitur bagi Satker di provinsi, yaitu menyajikan informasi dan dukungan operasional antara lain dalam penyusunan penilaian kinerja, pembuatan rencana aksi, penyusunan LAKIP dan laporan triwulan,” tutur Joerni.

Joerni menambahkan, uji coba SIMEKA ini lebih menekankan pada fitur pelaporan LAKIP dan evaluasi Satker, dengan tujuan sosialisasi  adopsi SAKIP ke dalam SIMEKA untuk Satker provinsi , menguji  fungsional dari aplikasi  oleh end user, menguji  kesesuian fitur aplikasi dengan kebutuhan di lapangan  dan mendapatkan masukan tentang tambahan kebutuhan end user yang belum diakomodasi di SIMEKA. (Rima/Bemby-Randal Sumsel/bns)