Dalam rangka pemantauan dan evaluasi program pelaksanaan kegiatan infrastruktur di kabubaten/kota, PPK Randal Provinsi Sulsel melakukan kunjungan kerja ke Dinas PU dan Penataan Ruang dan PDAM Kabupaten Maros terkait pemanfaatan infrastruktur yang sudah terbangun di Kabupaten Maros Kamis, (07/09/2017) di Maros.

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Maros Alpian mengatakan untuk tahun 2017 program infra permukiman yang terdapat di Kabupaten Maros terdapat dua kegiatan yaitu program KOTAKU di Kecamatan Turikale dengan pagu anggaran sebesar RP. 500,000,000 dan program Pamsimas sebesar Rp. 1.610.000,000. Saat ini progres keuangan mencapai 47,11% sedangkan progres fisik mencapai 18,08 %. Selain itu kegiatan infrastruktur di Kabupaten Maros ada beberapa yang sudah termanfaatkan, seperti program IBM, Pamsimas, pembangunan Ruang Terbuka Hijau dan SPAM IKK yang di bangun pada tahun 2016. 

Program Pamsimas untuk tahun 2017 di Kabupaten Maros terdapat di 7 desa yaitu Desa Simbang, Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang, Desa Alatengae, Desa Minasa Baji, Desa Mattoanging Kecamatan Bantimurung, Desa Laiya Kecamatan Cenrana, dan Desa Barugae Kecamatan Mallawa. "Karena itu Pemda Kabupaten Maros sangat mendukung kegiatan program 100-0-100 yang di canangkan oleh Direktorat Cipta Karya," kata Alpian. 

IPA yang dibangun saling mendukung karena pada musim kemarau konsumsi kebutuhan air meningkat. Di lain sisi kapasitas suplay air menurun dan Pemda Maros merencanakan akan membangun 2 instalasi untuk mengatasi terjadinya kekeringan pada musim kemarau. 

Sementara, SPAM IKK Turikale yang terletak di Kecamata Turikale  mengalami penurunan produksi pada musim kemarau dikarenakan terjadi instrusi air laut.  Sedangkan SPAM IKK Tanralili  terjadi penurunan muka air, sehingga Pemda melakukan tindak lanjut dengan melakukan pembangunan bendungan yang bekerja sama dengan balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang  untuk mengatasi instrusi dan untuk mengatasi penurunan air di tindak lanjuti dengan pembangunan bendung. Karena Pemda Kabupaten Maros mendukung capaian 100% air bersih di tahun 2019 sesuai target nasional dan peran Pemda  tidak boleh lepas dari hal itu. 

Selain itu PPK Randal Provinsi Sulsel juga mengunjungi salah satu program pembanguan TPA Sampah kegiatan di Kelurahan Bontomatenepembanguana Kecamatan Mandai. TPA Maros ini memiliki pagu anggaran sebesar RP. 11.275.379.000 dengan proges fisik sebesar 60,58% dan progres keuangan sebesar 55,37 % dengan cakupan layanan sebesar  20.000 KK. (Jml/akb Randal Sulsel/ari)