Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Gorontalo mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Bantuan Teknik Fasilitasi Penataan Kelembagaan Kabupaten Gorontalo, beberapa waktu lalu, di Gorontalo.

Pembangunan infrastruktur permukimaan bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) yang telah dilaksanakan oleh Ditjen Cipta Karya melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman  di berbagai kabupaten/kota merupakan salah satu upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan sanitasi, sebagaimana tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019. Langkah strategis mewujudkan akses universal perlu didukung melalui optimalisasi perencanaan, pemrograman, penganggaran, dan pengendalian.

Kegiatan ini di buka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan,Hukum dan Politik Sekretaris Daerah Kabupaten GorontaloAsri Tuna.

Dalam Sambutannya Asri menuturkan saat ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo ikut serta dalam upaya pencapaian target pelayanan dasar sanitasi serta dalam program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP).

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo turut didukung oleh Satker PSPLP Provinsi Gorontalo bekerja sama dalam pemenuhan target ini. Oleh karena itu, di tahun 2017 ini infrastruktur bidang PLP yang sementara di bangun di Kabupaten Gorontalo di harapkan bermanfaat dan berkelanjutan dalam melayani masyarakat,” tutur Asri.

Asri menambahkan, pembangunan sanitasi perlu didukung sarana dan kelembagaan yang baik. Pembangunan infrastruktur semata tidaklah cukup tanpa adanya institusi pengelola yang baik. Dengan demikian, diharapkan prasarana dan sarana sanitasi persampahan dapat memberikan akses sanitasi yang layak bagi masyarakat.(anto.rndl.gtlo/ari)