Bupati Pringsewu Sujadi mendukung penuh pembuatan Rancangan Perda (Raperda) bidang air limbah di Kabupaten Pringsewu. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, yang hadir mewakili Bupati Pringsewu dalam acara Focuss Group Discussion (FGD) II Penyusunan Raperda Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman Kabupaten Pringsewu, Senin (7/8/2017).

Acara ini dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Pringsewu Budiman, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Lampung Dardjat Widjunarso, tim teknis Bantek Penyusunan Raperda Bidang  PLP, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, Biro Hukum Kabupaten Pringsewu, Bappeda Kabupaten Pringsewu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung, DRPD Kabupaten Pringsewu dan jajaran Muspida Kabupaten Pringsewu. 

Budiman mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu agar menghasilkan produk hukum yang berkualitas. 

“Keberadaan limbah domestik yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan menurunnya nilai estetika ruang dan menyebarnya berbagai macam penyakit, sehingga perlu diadakan pembangunan infrastruktur berupa Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja serta lembaga berupa UPTD yang bertugas membantu perangkat daerah yang mengurusi pengelolaan air limbah domestik,” ungkap Budiman. 

Budiman menambahkan, ada air libah  yang dapat dijadikan bahan bakar, maka hal ini dapat bermanfaat dan bisa difungsikan dengan baik oleh Kabupaten Pringsewu. Karena itu kegiatan ini perlu dukungan dan perhatian lebih sehingga rancangan pembuangan limbah ini dapat berjalan dengan baik. “Oleh karena itu kegiatan ini banyak manfaatnya karena mengatasi pembuangan limbah dan air limbahnya yang dapat bermanfaat untuk masyarakat,” tutup Budiman. (Methariska Sylvia – Randal Lampung/ari)