Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Penataan Kawasan Permukiman Provinsi Bangka Belitung menata kawasan kumuh Teluk Rubiah menjadi tempat rekreasi yang membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

Kasatker PKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nurul Azmi di Pangkalpinang, Selasa (08/08/2017) menjelaskan, kawasan rekreasi Teluk Rubiah yang sebelumnya masuk di data kumuh untuk Kabupaten Bangka Barat kini telah berubah wajah, kawasan yang dulunya kumuh sekarang bagus. Tempat rekreasi yang dibangun tahun 2016 dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp. 3.134.603.000, benar-benar telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Teluk Rubiah Kelurahan Tanjung, juga sebagai tempat rekreasi masyarakat Kabupaten Bangka Barat pada umumnya. 

Sedangkan tahun 2017 ini Satker PKP Provinsi Bangka Belitung telah mealokasikan dana sebesar Rp. 2.597.658.000  peningkatan kualitas permukiman kumuh berupa jalan isnpeksi untuk mendukung dan mempercantik kawasan Teluk Rubiah. 

Selain itu, Musdi salah satu anggota masyarakat Teluk Rubiah mengungkapkan aktifitas masyarakat semakin meningkat menjelang sore hari dan akhir pekan, berbagai macam aktifitas masyarakat dilakukan di sekitar Teluk Rubiah yang mana semakin membantu peningkatan aktifitas jual beli maupun perekonomian di daerah Teluk Rubiah. 

Hal senada juga diungkapkan maman, salah satu pedagang makanan yang mengaku sudah hampir satu tahun ini menjajakan dagangannya di kawasan Teluk Rubiah, ia merasa senang karena adanya peningkatan penjualan dengan pengunjung menjelang sore hari terutama hari libur dan akhir pekan. (Wotto/Randal Babel/ari)