Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Randal PIP) Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Pembinaan Teknis Petugas Pelaporan dan Pembendaharaan pada Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Permukiman Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang, Rabu (12/07/2017).

Acara pembinaan di buka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Riau Heru Sukmoro. Peserta yang hadir berasal dari dinas dan Satker PIP kabupaten/kota di seluruh Kepulau Riau. 

Dalam sambutannya, Heru menyampaikan bahwa Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah memberikan penekanan akan kewajiban pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) dalam mengatur dan mengurus daerahnya, dan salah satunya adalah kewajiban yang terkait dengan penanganan pelayanan dasar di bidang kawasan permukiman. 

"Untuk mendorong pemerintah provinsi dan daerah dapat melaksanakan pembangunan prasarana dan sarana khususnya bidang Cipta Karya yaitu melalui proses yang terpadu/terintegrasi, partisipatif dan terkendali diperlukan adanya kerjasama pemerintah pusat dengan provinsi dan daerah," tutur Heru.

Lanjut Heru, strategi penyelenggaraan pembangunan infrastruktur bidang PUPR untuk pencapaian target Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yaitu melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat melalui program-program infrastruktur berbasis masyarakat.Pelibatan peran pemerintah daerah dan masyarakat dapat meningkatkan komitmen, rasa memiliki, dan tanggung jawab dalam memelihara hasil pembangunan dan keberlanjutannya. 

Program infrastruktur berbasis masyarakat bidang PUPR terdiri dari 8 program yakni program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat  (Sanimas)/Tempat Pengeloalaan Sampah 3R (TPST 3R), program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU),Neighborhood Upgrading dan Shelter Project Phase 2 (NUSP-2), Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (REKOMPAK) dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) serta Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).(Randal-Kepri/ari)