Dinas Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pertemuan untuk membahas mengenai sayembara Desain Masjid Agung Kawasan Perkantoran Banjarbaru dan Tugu Nol Kilometer Kawan Kantor Gubernur di Banjarmasin, Rabu (17/05/2017). Rapat dilaksanakan di Aula Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalsel.

Mewakili Kepala Bidang Cipta Karya, Kepala Seksi Bina Teknik Azan Syaiful Muaz mengatakan hasil dari lomba ini akan dijadikan sebagai dasar pembuatan DED Masjid Agung dan Tugu 0 Km diwaktu mendatang. 

“Lomba diikuti oleh 207 peserta untuk Masjid Agung dan  untuk 114 peserta lomba desain Tugu dari seluruh Indonesia,  kita harapkan lomba ini dapat memancing ide ide kretif dan menggali gagasan segar dan orisinal serta memasukkan unsur budaya Banjar apalagi untuk bangunan masjid seperti yang bisa kita lihat di bangunan bersejarah Masjid Pangeran Suriansyah,” jelas Azan. 

Pembukaan dokumen akan dilakukan Juli mendatang dan akan diambil lima pemenang dari masing-masing kategori. Juri dari lomba terdiri dari tokoh masyarakat, Majelis Ulama Indonesia, akademisi, Ikatan Arsitek Indonesia ,dan pemerhati sosial. Sebelumnya di sekitar calon tapak 0 Km telah didirikan Taman 0 Km oleh dana APBN dan direncanakan akan dilakukan pemasangan Videotron. (HRD KALSEL/ari)