Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya ikut berpartisipasi dalam rangka hari jadi yang ke-200 alias dua abad, Kebun Raya Bogor (KRB), Kamis (18/5/2017), di Bogor, Jawa Barat.

Bentuk partisipasi Ditjen Cipta Karya yaitu dengan mendirikan both pameran yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Ditjen Cipta Karya khususnya mengenai kebun raya yang ada di Indonesia seperti Kebun Raya Baturaden, Kebun Raya Pontianak dan Kebun Raya Balikpapan. 

Kebun Raya Bogor genap berusia 200 tahun. Peringatan 2 abad ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, diantaranya Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri PUPR yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Dirjen Cipta Karya yang diwakili oleh Direktur Bina Penataan Bangunan Adjar Prajudi, Walikota Bogor Bima Arya, Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, dan Menkominfo, Rudiantara.  

Kebun Raya Bogor sendiri mengadakan serangkaian acara dalam rangka peringatan 200 tahunnya. Kegiatan itu di antaranya penandatanganan Prasasti 2 Abad, Peluncuran Prangko 2 Abad Kebun Raya Bogor, Pameran Perkebunrayaan (18-21 Mei 2017), KRB 200K Run (20-21 Mei 2017), Kegiatan Pendidikan Lingkungan (19-21 Mei 2017), Sepeda Santai 2 Abad KRB (20 Agustus 2017), Seminar Internasional, Festival Seni dan Budaya, Harmoni dalam Seni, Lomba Fotografi Kebun Raya, Lomba Olahraga Antar Kebun Raya, dan kegiatan lainnya. (ari)