Satker sektoral Ditjen Cipta Karya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan diskusi dengan PIP2B Dinas PUP-ESDM Provinsi DIY terkait pengembangan jejaring kerja Klinik Konstruksi PIP2B Provinsi DIY, Rabu (19/04/2017) di Kantor PIP2B DIY.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Balai PIPBPJK DIY, PPK Randal DIY, Satker PBL DIY, Satker PSPLP DIY dan Satker PSPAM DIY. 

Kepala Balai PIPBPJK Provinsi DIY, Rosdiana Puji Lestari menjelaskan, Klinik Konstruksi di PIP2B ini merupakan inovasi dari Pemerintah Provinsi DIY untuk  memudahkan masyarakat dalam mengakses pemahaman terhadap penanganan permasalahan infrastruktur lingkungan permukiman. Seperti halnya di klinik kedokteran, disini masyarakat dapat bertanya, check up dan konsultasi terkait “penyakit” yang sedang dialaminya (dalam hal ini masalah konstruksi rumah, bangunan gedung). Selanjutnya Klinik Konstruksi akan memberikan ‘resep’ berupa rekomendasi teknis. 

Sedangkan Kepala Seksi Informasi Permukiman dan Bangunan Balai, Kusumastuti Tri Winahyu mengatakan, pelayanan Klinik Konstruksi di PIP2B Provinsi DIY yang sudah launching pada tahun 2016 ini mempunyai dua cara pelayanan, yaitu melalui tatap muka dengan langsung di kantor PIP2B, dan juga online melalui website www.klinikkonstruksi-diy.com. Untuk tahun 2017, akan mulai dibuka layanan (bukalapak) di beberapa kantor kecamatan di Kabupaten Sleman dan Bantul. 

Dalam kesempatan diskusi, PPK Randal DIY Tri Rahayu menyampaikan apresiasinya terhadap Klinik Konstruksi PIP2B DIY, meskipun dengan keterbatasan anggaran masih dapat menjalankan kegiatan-kegiatannya dengan baik. Ke depannya, kegiatan pemberdayaan masyarakat, yaitu penyebarluasan informasi harus lebih ditingkatkan, sehingga keberadaan Klinik Konstruksi ini bisa lebih diketahui oleh masyarakat luas di DIY.(randal diy/ari)