Sehubungan dengan kegiatan penyelenggaraan bangunan gedung, Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Provinsi Bengkulu melaksanakan Workshop Harga Satuan Bangunan Gedung Negara (HSBGN) di Bengkulu, Senin (20/03/2016). Dalamworkshop yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut, peserta yang hadir sejumlah 44 peserta dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten/kota, Bappeda dan Petugas Pendata HSBGN Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Amran Rahman mengungkapkan apresiasi tentang pelaksanaan workshop HSBGN yang sangat penting dalam pedoman teknis pembangunan gedung negara. “Workshop ini sangatdiperlukan agar penyelenggaraan bangunan gedung negara dapat sesuai dengan fungsinya dan berjalan tertib, efektif dan efisien dalam pelaksanaan pembangunannya sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Izin Mendirikan Bangunan Gedung,” ungkap Amran. 

Sementara, narasumber Kasatker PBL Bengkulu Melky Rusera mengungkapkan, penyusunan HSBGN ini dimaksudkan untuk menetapkan adanya standar harga satuan tertinggi bangunan gedung negara sebagai pengendali penyelenggaraan pembangunan bangunan gedung negara. Workshop ini bertujuan untuk mensosialisasikan rangkaian kegiatan penyusunan HSBGN sampai ke proses legalisasi HSBGN pada triwulan ke-4 setelah survey dan proses input data. (Memo/Indah/RandalBKL/ari)