Tulang Bawang Barat – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) memiliki tujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan.

Hal itu dikemukakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tulang Bawang Barat, Perana Putera, MH, ketika membuka kegiatan Sosialisasi Program Pamsimas III Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sosialisasi dilaksanakan pada 10 Oktober 2019, dan diikuti kepala satker dan camat se-Kabupatren Tulang Bawang Barat.

“Dengan adanya program Pamsimas di kabupaten ini, maka pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan derajat kesehatan masyarakat Tulang Bawang Barat,” katanya.

Menurutnya, program Pamsimas di Tulang Bawang Barat telah memasuki tahun ke-4, dan jumlah desa yang menjadi lokasi program Pamsimas sudah mencapai 54 desa, terdiri atas 43 desa yang didanai sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat (APBN), dan 10 desa didanai APBD. Dari 54 desa, program Pamsimas telah berjalan di 30 desa, sedangkan sisanya dalam tahap pelaksanaan kegiatan.

Menurut Perana Putera, sesuai amanat Pemerintah Pusat, semua pembangunan sarana harus berkelanjutan, karena itu ia mengharapkan seluruh KPSPAMS yang telah terbentuk di desa-desa Pamsimas dapat memelihara, menjaga dan mengembangkan SPAMS terbangun tersebut. (pspam/yss)