Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Lampung melakukan Pre Counstruction Meeting (PCM) Program Kegiatan PSPPOP. Terdapat sebanyak 84 sekolah SD/MI di Provinsi Lampung yang akan direhabilitasi dan direnovasi di tahun 2019 ini. Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan rehabilitasi Sekolah Dasar/Madrasah, yaitu Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Timur serta Kabupaten Lampung Selatan. Hal tersebut disampaikan Kepala BPPW Lampung Maria Doeni Isa, Rabu (14/08/2019).

Doeni menjelaskan setelah Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) ditandatangani dan diterima oleh penyedia, maka wajib untuk melaksanakan rapat pra pelaksanaan atau biasa dikenal dengan sebutan Pre Counstruction Meeting (PCM) untuk melakukan pembahasan rencana mutu kontrak yang disampaikan oleh penyedia paling lambat 7 hari setelah SPMK. Hadir pada waktu PCM adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), penanggung jawab lapangan, pengawas lapangan, konsultan pengawas, dan unsur penyedia jasa yang diwakili oleh site manager atau general superintendent.

“Berbagai hal yang dibahas pada waktu PCM antara lain adalah kesamaan penafsiran dokumen kontrak, organisasi kerja, tata cara pengaturan pelaksanaan pekerjaan, jadwal pelaksanaan pekerjaan, jadwal pengadaan bahan, mobilisasi peralatan dan personil, penyusunan rencana dan pelaksanaan pemeriksaan lapangan, pendekatan kepada masyarakat dan pemerintah setempat mengenai rencana kerja dan penyusunan mutu pekerjaan. Sebelumnya, pada waktu sosialisasi penandatanganan kontrak,” ungkap Doeni.

Doeni mengimbau untuk paket pekerjaan di tahun 2019 ini, harus diingatkan kepada para penyedia untuk mengikuti setiap proses pelaksanaan pekerjaan, dan setiap bulannya harus dilakukan evaluasi secara bersama, ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana perkembangan pekerjaan, jadi pekerjaan itu harus Tepat Mutu, Tepat Waktu, Tepat Biaya serta Tepat Manfaat. (methariskha-bppw lampung/ari)