Setelah resmi dikukuhkan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat Marsudi, pada 20 Juli 2019 lalu, Paguyuban BPPW Papua Barat terus action dalam program kegiatannya. Salah satunya, dari bidang pendidikan yang telah menggelar Workshop Public Speaking dan Master of Ceremonies (MC), di gedung PIP2B Papua Barat di Manokwari, Sabtu (03/08/2019).

Ketua Paguyuban BPPW Papua Barat Corry Prima Marsudi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi karena bidang-bidang dalam kepengurusan Paguyuban langsung eksis. Melalui bidang pendidikan sudah menggelar Workshop Public Speaking dan MC dalam rangka mempersiapkan kaderisasi pembawa acara MC.

“Melalui kegiatan ini, kita (paguyuban) ingin mempersiapkan kaderisasi sebagai pembawa acara MC dan memberikan keterampilan bagaimana berbicara efektif di depan umum dengan percaya diri,” jelas Corry Marsudi.

Corry Marsudi berharap, apa yang disampaikan pemateri akan menambah pengetahuan ibu-ibu pengurus dan staf balai agar semakin percaya diri saat tampil ke depan sehingga dapat memandu kegiatan paguyuban berikutnya maupun kegiatan di balai.

“Apalagi dalam waktu dekat akan ada kegiatan dalam memperingati HUT RI. Ibu-ibu paguyuban harus aktif berpartisipasi dan terlibat agar kegiatan semakin meriah,” tungkas Corry Marsudi.

Workshop langsung dipandu oleh Ketua Bidang Pendidikan yang juga sebagai pembicaranya, Elke M. Rompis. Dalam materinya, Maya menyampaikan bagaimana menjadi MC yang profesional bagi pemula, sehingga di depan audien tidak merasa takut dan grogi.

Sebagai public speaking dan MC, diantaranya menuntut harus dapat berpenampilan yang baik, atraktif dan simpatik, memiliki kecapakan berbahasa bukan hanya bagus kata-katanya, namun juga harus dengan bahasa tubuh, kemudian harus cekatan dan memiliki rasa humor yang tinggi serta harus memiliki kesabaran. (BPPW-PB/ari)