Untuk menuntaskan capaian air bersih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Babel terus menggenjot pemerataan dan pembangunan serta peningkatan air bersih untuk memenuhi capaian yang lebih baik secara terukur dan terencana, Kepala BPPW Babel yang diwakili oleh PPK Air Minum Ade Basyarat, Jumat (19/07/2019) terjun langsung ke lapangan mendampingi perwakilan dari Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ke lokasi SPAM IKK Rindik Kabupaten Bangka Selatan. SPAM tersebut di bangun pada tahun 2018 dengan kapasitas IPA 20 liter/detik.

“Dengan dibangunnya SPAM tersebut diharapkan dapat melayani 1.600 SR yang dibutuhkan,” kata Ade. 

Ade menambahkan, secara continue akan dilakukan pemeriksaan serta peningkatkan pengoperasian dan pembangunan SPAM agar bisa secara merata memenuhi kebutuhan air bersih di Provinsi Babel serta mendukung Pemerintah Pusat dalam capaian air bersih yang lebih baik. 

“Pada penyelenggaraan SPAM di Babel akan terus dipantau dan dibangun dalam pemenuhan air bersih  secara merata di Provinsi Babel, khusus yang terjadi di daerah kunjungan kali ini yaitu SPAM Rindik Toboali yang idlle capacitynya mencapai 75%,” tegas Ade. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi pemanfaatan air, yaitu iklim, penggunaan air akan lebih besar pada musim kering, karakteristik penduduk, status ekonomi pada masyarakat menengah ke bawah penggunaan air akan relatif lebih rendah, masalah lingkungan hidup, tingkat pemakaian air akan meningkat pada saat terjadinya ekploitasi sumber daya alam secara umum terdapat idlle capacity yang cukup tinggi. (Wotto/Bppw Babel/ari)