Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Riau melaksanakan Acara Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2019 di Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Senin (15/07/ 2019). Acara dibuka oleh Kepala BPPW Kepulauan Riau Albert Reinaldo.

Albert mengatakan, seperti yang diketahui bersama bahwa pada tahun 2019 telah dibentuk BPPW di 34 provinsi. Momentum pembentukan balai adalah sebagai penegasan Cipta Karya satu dan satu Cipta Karya, melalui keberadaan balai diharapkan semua perencanaan dan pengendalian kebijakan program bidang Cipta Karya serta pengadministrasian keuangan dan aset Barang Milik Negara (BMN) dapat dilaksanakan secara terpadu bukan secara sektoral lagi.

“BPPW juga memegang peranan yang sangat penting dalam implementasi kebijakan Direktorat Jenderal Cipta Karya di daerah dan dukungan penatausahaan pelaporan keuangan untuk mendukung tercapainya laporan keuangan yang wajar tanpa pengecualian,” tutur Albert.

Lanjut Albert, konsolidasi penyusunan laporan keuangan, baik Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Aktual (Saiba) dan Simak BMN diharapkan dapat menghasilkan laporan keuangan yang efektif dan akurat serta berdasar pada prinsip transparansi dan akuntabilitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sekaligus kelancaran perpindahan penatausahaan keuangan dari Satuan Kerja tahun 2018 ke penatausahaan keuangan balai.

Albert berharap semoga acara ini dapat memberi manfaat bagi pembangunan di wilayah masing-masing.(BPPW Kepri/ari)