Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Direktorat Jenderal Cipta Karya melaksanakan Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Penyiapan SPAM Regional Banjarbakula Tahap 2 di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (18/07/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Prasana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, Dinas PU Provinsi Kalsel, Kepala UPTD Banjarbakula, Dinas PU dan PDAM Kabupaten/Kota di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala (Banjabakula).

Direktur PSPAM yang diwakili oleh Kasubdit Wilayah II Tanozisochi Lase menyampaikan rapat ini merupakan kelanjutan dari surat Gubernur Kalsel terkait usulan pembangunan SPAM Regional Banjarbakula tahap 2 pada 2018 lalu, yang dilanjutkan dengan rapat terkait usulan tersebut bersama Direktur PSPAM, Ditjen SDA, Balai Wilayah Sungai 2 Kalimantan dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalsel, dimana kesimpulan dari rapat tersebut pembangunan SPAM Banjarbakula dapat dilaksanakan apabila readiness criteria telah terpenuhi.

Lanjut Tanozisochi, pengembangan SPAM Regional Banjarbakula I yang telah beroperasi dan dijalankan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah yang melayani sebagian Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut harus diketahui dulu kinerja sistem dan pemanfaatannya untuk rujukan pembangunan SPAM Regional Tahap 2.

“Melalui rapat ini, saya harapkan dapat diketahui SPAM Regional Banjarbakula Tahap I dan kelengkapan readiness criteria  dalam rangka penyiapan pelaksanaan SPAM Regional Banjarbakula Tahap 2. Kita perlu membahas langkah bersama terkait persiapan pembangunan agar pelaksanaan kontruksi pada 2020 dapat terwujud,” jelas Tanozisochi. (HRD KALSEL/ari)