Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa untuk mewujudkan Kota Cerdas dibutuhkan pemimpin daerah yang pintar dalam mengelola teknologi dan menemukan inovasi. "Apa pun peralatan dan teknologinya tanpa walikota, bupati, dan gubernur yang cerdas tidak akan tercapai kota cerdas (smart city)," ujar Kalla dalam acara pembukaan Indo Water, Indo Waste, Indo Renegry, Indo Pooltech, Indo Security dan Indo Firex 2019 Expo & Forum serta Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) 2019 di Jakarta Convention Center Jakarta, Rabu (17/07/19).

Menurut Kalla, kota cerdas merupakan upaya memaksimalkan pemakaian teknologi untuk pengelolaan kota. “Misalnya, pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik, pengaturan lalu lintas yang efisien, akses ke layanan kesehatan yang mudah berkat teknologi, serta ketersediaan air bersih hingga ke tangan konsumen,” kata Kalla.

 Dalam rangka membantu Pemerintah Daerah mewujudkan kota cerdas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan berupa pembangunan infrastruktur di berbagai sektor seperti pembangunan jalan tol, jembatan, waduk dan juga sistem penyediaan air minum dan pengolahan sampah. Selain menerapkan teknologi dalam pembangunan infrastruktur, Kementerian PUPR melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) juga memberikan fasilitasi kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai operator air minum di daerah untuk memberikan layanan air minum yang memenuhi prinsip kualiatas, kuantitas dan kontinuitas.

 Infrastruktur yang telah dibangun Kementerian PUPR untuk mendukung Pemerintah Daerah mewujudkan Kota Cerdas antara lain toilet wisata yang menggabungkan teknologi aerasi untuk air bersih dan pengolahan air limbah di Menara Pandang Danau Toba, penggunaan aspal plastik untuk pembangunan jalan, penilaian kinerja PDAM dan juga Proyek Strategis Nasional Sistem Penyediaan Air Minum yang akan dibangun. Informasi tersebut dapat dilihat pada booth Kementerian PUPR  di HALL A JCC Jakarta pada tanggal 17-19 Juli 2019.

 Pameran Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Pool Tech, Indo Security, Indo Firex 2019 Expo & Forum, dan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) Jakarta 2019 merupakan ajang pameran bagi profesional industri untuk memperoleh informasi terbaru tentang trend dan perkembangan terbaru, sekaligus membangun kemitraan yang berharga. Pameran diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara. Turut diundang juga para kepala daerah dari 548 provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia.

 Beberapa industri ternama yang turut berpartisipasi di ajang itu antara Iain Vinilon, Rucika, lndo Bara, Wilo Pump, Maxon Price, Hantech George Fisher, Tsurumi Pump, Pindad, Sritex, Wilfina, Naffco, Ziegler, Al knoory, Telkom, Philips, Amazon Web Service, Cyviz, dan Tibco. (ely-BPPSPAM/ari)