Bencana alam gempa bumi yang menimpa Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan di beberapa lokasi yang cukup serius. Untuk membantu para korban bencana, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara menurunkan tim satgas tanggap darurat bencana alam yang dipimpin langsung oleh Kepala BPPW Maluku Utara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui tim satgas tanggap darurat BPPW Maluku Utara, melayani kebutuhan air bersih dengan menggunakan Hidran Umum (HU) di lokasi bencana, tepatnya di Desa Bumi Rahmat dan Bali Tata Kecamatan Gane Barat. Selain suplai air bersih, bantuan yang diberikan berupa tenda, toilet umum, kebutuhan pokok berupa beras dan makanan instan.

“Akses ke beberapa titik lokasi yang terdampak bencana gempa bumi tidak bisa dijangkau oleh transportasi darat, sehingga dalam mendistribusikan bantuan harus melalui laut. Seperti kebutuhan air bersih baru bisa tersalurkan di 2 titik lokasi, karena perlengkapan yang ada masih belum mencukupi,” ungkap Ketua Satgas Tanggap Darurat BPPW Maluku Utara Didi, beberapa waktu lalu. 

Melalui sambungan telepon, PPK Darurat Permukiman Regional V Makassar Kementerian PUPR Agung Jaka Santosa menyampaikan, bahwa akan segera dikirimkan mobil tangki air 3 unit, Dum Truck 1 unit, Hidran Umum kapasitas 2000 L 10 unit, Pondasi HU dengan kapasitas 2000 liter 10 set, Tenda Hunian Darurat (3x4 m) 10 set.  (Tatik/Maya/BPPW Maluku Utara/ari)