Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Riau Albert Reinaldo bersama Kasubdit Kawasan Permukiman Wilayah I Ignatius Widyananda Wulanedy, mengunjungi lokasi kegiatan di Kampung Bugis dan rencana pembangunan baru di Kelurahan Senggarang, Kota Tanjungpinang, Sabtu (06/07/2019).

Ignatius terkesan dengan konsep kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Tanjungpinang dan program KOTAKU untuk rencana penanganan permukiman kumuh yang ada Kota Tanjungpinang, khususnya di Kelurahan Senggarang. Kegiatan penanganan kawasan kumuh ini bertema Waterfront City of Tanjungpinang. Dengan tema ini akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat, pada kegiatan ini juga akan dibuatkan “Sign Board” yang informatif untuk masyarakat luar yang akan berkunjung ke Kelurahan Senggarang.

Ignatius juga mendorong kegiatan IPAL Komunal di beberapa rumah untuk dijadikan percontohan dan dilakukan edukasi terus menerus agar masyarakat mau menggunakan IPAL Komunal.

Team Leader Oversight Consultant (OC) 3 KMW Provinsi Kepulauan Riau Joni Hardi mengharapkan kolaborasi agar diprioritaskan dilokasi kegiatan BPM (Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat) 2019 skala lingkungan yang terintegrasi dengan “Masterplan” skala kawasan.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Surjadi memberikan respon yang cukup baik. Kelurahan Senggarang dan Kampung Bugis akan dimasukkan dalam kalender event Kota Tanjungpinang. Surjadi menambahkan akan memberikan pembinaan terhadap POKDARWIS  (Kelompok Sadar Wisata) untuk memelihara kesinambungan kunjungan wisata serta mendorong partisipasi CSR. (Frry-BPPW Kepri/ari)