Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan serah terima hibah barang milik negara bidang Cipta Karya kepada Permerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Ruang Rapat Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR pada Selasa (11/07/2019).

Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya T. Iskandar mengungkapkan bahwa terdapat 74 paket pekerjaan yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut dilakukan agar segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan diperhatikan dalam pemeliharaan infrastrukturnya.

“Untuk saat ini kami lakukan serah terima hibah barang milik negara kepada pemerintah daerah, untuk secepatnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan untuk ke depannya saya berharap dalam melakukan serah terima ini agar segera dilakukan setelah kegiatan selesai agar tidak terlalu lama dalam pemanfaatan maupun pemeliharaannya,” ujar Iskandar.

74 paket pekerjaan yang diserahterimakan 12 Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Selatan dengan total nilai sekitar Rp206 miliar diantaranya, Kota Banjarmasin  1 sektor PKP, 5 sektor PLP, 5 sektor PBL, Kota Banjarbaru 2 sektor PKP, 2 sektor PLP, 2 sektor PBL, 2 sektor PAM, kabupaten Tapin 1 sektor PBL, 2 sektor PAM,  Kabupaten Tanah Bumbu 3 sektor PAM, Kabupaten Hulu Sungai Utara 2 sektor PAM, Kabupaten Hulu Suhgai Tengah 1 sektor PKP, 1 sektor PLP, 3 sektor PAM, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 7 sektor PLP, Kabupaten Banjar 6 sektor PKP, 5 sektor PLP, 1 sektor PBL, 5 sektor PAM, Kabupateb Balangan, 3 sektor PLP, 4 sektor PAM, Kabupaten Tanah Laut 2 sektor PAM, kabupaten Kotabaru 1 sektor PKP, 1 sektor PBL, 2 sektor PAM, dan Kabupaten Tabalong 4 sektor PAM.

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Rudy Resnawan menyambut baik hibah serah terima barang milik negara kepada pemerintah daerah karena hal tersebut merupakan tindak lanjut pemanfaatan maupun pemeliharaan infrastruktur yang sudah terbangun.

“Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR Ditjen Cipta Karya sudah menghibahkan kepada pemerintah daerah, karena hal ini adalah sebuah amanat dan tanggung jawab yang diberikan kepada kami dalam hal kepentingan publik juga, dan sejauh ini infrastruktur juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat di kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Selatan,” jelas Rudy.

Dalam acara tersebut, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima Barang Milik Negara kepada 12 Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Permukiman Kota Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Sekretaris Daerah Kabupaten Kota Baru, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Bupati Hulu Sungai tengah, Bupati Hulu Sungai Selatan, Bupati Hulu Sungai Utara, Bupati Tanah Bambu, Wakil Bupati Tabalong. (kompuck)