Pengurus provinsi Persatuan Gateball seluruh Indonesia (Pergatsi) Papua Barat periode 2018-2022 resmi bergabung pada kepengurusan KONI Papua Barat setelah dilantik oleh Ketua PB Pergatsi Indonesia M Basuki Hadimuljono melalui Sekjen Pergatsi Pusat Puja Sumedi di Manokwari, Jumat (05/07/2019).

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan kepengurusan Nomor 058/Pergatsi/VII-2019 tentang revisi I Susunan Personalia Pengurus Provinsi Pergatsi Papua Barat Masa Bakti 2018-2022, dilanjutkan pembacaan Keputusan pelantikan, penyerahan Pataka dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Pergatsi Indonesia dan Ketua Umum Pengurus Provinsi Pergatsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan.

Susunan personalia dalam Keputusan tersebut, yaitu sebagai pelindung Gubernur Papua Barat, Pembina Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua KONI Papua Barat.

Dilantik sebagai penasehat Pergatsi adalah Rektor Unipa, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat. Sementara dilantik sebagai Ketua Umum adalah Nataniel D. Mandacan yang juga sebagai Sekda Provinsi Papua Barat. Wakil Ketua I, Kepala BPJN XVII Satrio Sugeng Prayitno, Wakil Ketua II Kepala Balai Wilayah Sungai Alexander Leda dan, Sekretaris Umum Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat Marsudi. Didukung personalia bendahara dan bidang-bidangnya.

Sekjen Pergatsi Puja Sumedi mengingatkan agar setelah kepengurusan Pergatsi Papua Barat terbentuk segera mempersiapkan tim, baik official maupun atletnya menghadapi PON XX pada tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua.

Puja juga meminta agar para pengurus yang telah dilantik menjaga kehormatan bangsa dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan melalui cabang olahraga Gateball. “Para pengurus provinsi selambat-lambatnya dalam setahun ini juga membentuk 4 pengurus di tingkat kabupaten/kota dan selambat-lambatnya 3 bulan ini pengurus provinsi yang dilantik melaksanakan musyawarah provinsi,” kata Puja.

Ketua Umum Pergatsi Papua Barat Nataniel D. Mandacan dalam sambutannya juga memberikan apresiasi karena telah terbentuk lagi cabang olahraga baru di Papua Barat dan telah resmi tergabung dalam KONI Papua Barat. Untuk itu, Mandacan mengajak seluruh pengurus yang telah dilantik mempersiapkan diri dan mencari atlet-atletnya untuk dipersiapkan mengikuti PON ke XX tahun 2020 di Papua. (Lis BPPW PB/ari)