Kepala Bagian Informasi dan Kerjasama BPPSPAM, Oscar R. H Siagian mengatakan bahwa Tim Manajemen Aset dari 19 PDAM yang mengikuti Workshop Penerapan Aplikasi Manajemen Aset Tahap pada tahun 2019 telah siap menerapkan aplikasi tersebut di kantor masing-masing. Sebelumnya pada tahun 2018 sudah ada 14 PDAM yang juga diberikan fasilitasi serupa.

Sehingga sudah ada 34 PDAM termasuk PDAM Kota Malang yang dijadikan pilot project penerapan Aplikasi Manajemen Aset oleh BPPSPAM pada tahun 2015 yang lalu. Aplikasi Manajemen Aset adalah tools sistem informasi yang dikembangkan BPPSPAM untuk memudahkan PDAM dalam menerapkan pengelolaan asetnya.

Agar penerapan Manajemen Aset di PDAM berjalan sesuai harapan, Oscar menyarankan agar Tim Manajemen Aset membuat timeline perencanaan pengelolaan manajemen asetnya dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka Panjang.

“Selain itu PDAM juga harus konsisten melakukan penginputan inventarisasi aset dan juga melakukan pembahasan hasil gap analisis yang telah dibuat bersama Direksi dan bagian lain untuk menentukan langkah prioritas dalam melaksanaan penerapan manajemen aset,” kata Oscar dalam acara penutupan Workshop Penerapan Aplikasi Manajemen Aset Tahap III di Bandung, Jumat (05/07/2019).

Workshop tahap ke – 3 ini merupakan rangkaian yang melengkapi Fasilitasi Penerapan Pengelolaan Manajemen Aset PDAM oleh BPPSPAM pada tahun 2019. Dalam acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut, tim manajemen aset diberikan pemahaman tentang Pengelolaan Resiko, optimalisasi Capex dan Opex, Perkiraan Lifecycle Cost, strategi pendanaan, Penyusunan SAMP (Strategic Asset Management Plan), dan Penggunaan Aplikasi Manajemen Aset permodul dengan narasumber Advisor BPPSPAM Drs. Effendi Mansur CES, Ir.Budi Sutjahjo, MT dan Staf IT dari PDAM Kota Malang Agung Putra Kusuma.

Sebelumnya pada workshop tahap ke – 2 PDAM telah melakukan penandatanganan komitmen yang dihadiri oleh Direktur masing-masing PDAM sebagai bentuk  keseriusan PDAM terhadap aplikasi manajemen aset. BPPSPAM berharap kegiatan ini agar bermanfaat bagi PDAM untuk dapat menerapkan pengelolaan manajemen aset serta memanfaatkan sistem informasi aplikasi manajemen aset  sehingga dapat meningkatkan kinerja PDAM menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien yang secara tidak langsung dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (fad/el/Irn)