Guna mengurangi luasan kawasan kumuh dan memberikan perubahan perwajahan lingkungan dalam skala kawasan, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Bengkulumelalui program Neighborhood Upgrading and Shelter Project (NUSP) Phase 2 berkomitmen meningkatkan kualitas permukiman warga. Salah satunya adalah dengan memberikan akses infrastruktur yang layak di Kelurahan Panorama yang merupakan kelurahan yang berada di kawasan terminal dan pusat perdagangan dengan memberikan akses jalan lingkungan dan saluran drainase sehingga memudahkan distribusi barang serta mengurangi genangan penyebab banjir di sekitar pasar.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat Kelurahan Panorama, Arman beberapa waktu lalu mengatakan bahwa. infrastruktur yang terbangun melalui program NUSP-2 ini yaitu jalan lingkungan sepanjang 510 m dan saluran drainase sepanjang 245 m. “Lokasi pembangunan yang terletak di RT 18, telah mampu memberikan manfaat bagi warga di 2 RT, sekitarnya karena telah menghubungkan antara RT18, RT.03 dan RT.28 sehingga jumlah KK yang terlayani adalah sekitar 170 KK,” terang Arman. 

Salah satu satu warga RT 18 Kelurahan Panorama, Atik mengapresiasi hasil pembangunan melalui program NUSP2 tersebut. Sebelum di bangun jalan dan drainase, warga kesulitan untuk menuju pasar dan sekolah dikarenakan masih berupa rawa dan belum adanya badan jalan sehingga harus memutar jauh untuk menuju pasar dan ke sekolah terlebih lagi ketika hujan, benar-benar tidak dapat dilewati bahkan salah satu warga tidak dapat keluar rumah karena rumahnya berada di tengah-tengah genangan rawa. “Tetapi semenjak di bangun jalan dan saluran drainase, sekarang warga jadi memiliki akses menuju pasar dikarenakan sebagian warga disini bekerja sebagai pedagang di Pasar Panorama dan anak-anak sekolah tidak perlu memutar jauh untuk menuju ke sekolahnya,” ungkap Atik. 

Sementara Kepala BPPW Provinsi Bengkulu, Daniel Kuddi Sangle berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik apa yang telah dibangun dan memeliharanya serta menjaga keberlanjutan dari infrastruktur tersebutsehingga mampu dimanfaatkan lebih lama dan ditingkatkan kualitasnya. (Memo/Fauzi/Bengkulu/ari)